Tips Memilih Bahan Makanan Yang Sehat Dan Aman Untuk Bayi / Balita

Cara memilih jenis makanan yang sehat untuk bayi / balita anda tidaklah mudah.Dalam memilih bahan makanan,perlu mempertimbangkan beberapa hal,sebagai berikut  :
1)  Nilai gizi yang terkandung dalam bahan makanan
2)  Mudah dicerna oleh bayi
3)  Tidak membuat bayi tersedak
4)  Higienis dan bebas dari cemaran,seperti kuman,pestisida,maupun logam berat (timbal dan merkuri)
Tidak semua bahan makanan sehat dan aman untuk bayi.Bahkan,beberapa jenis makanan harus dihindari hingga bayi berusia 1 tahun,antara lain :
-   Gula dan pemanis buatan seperti sakarin dan aspartam.Bahan pemanis bisa berakibat buruk bagi kesehatan bayi,terutama gigi.

-    Madu.Terkadang,mengandung bakteri clostridium botulinum yang dapat menyebabakan keracunan makanan.Keracunan dapat menimbulkan gejala,seperti susah buang air besar,lemas dan nafsu makan menurun,yang bisa terjadi 8-36 jam setelah mengkonsumsi madu.madu dapat diberikan setelah bayi berusia 1 tahun karena pencernaan bayi telah cukup berkembang sehingga bakteri tidak dapat tumbuh
-    Garam dan bahan makanan dengan kandungan garam tinggi. Misalnya,kecap manis,kecap asin,terasi,tauco,saus kemasan,dan bumbu masak,termasuk vetsin.Ginjal si kecil belum mampu mengatasi garam tersebut.
-    Produk makanan olahan,kecuali produk tersebut memang diperuntukkan untuk bayi.Biasanya, mengandung pengawet gula, dan garam tinggi,Perhatikan kandungan produk yang tertera pada label kemasannya
-    Soft drink,teh,kopi dan minuman lainnya yang biasanya dikonsumsi oleh orang dewasa.Teh dan kopi dapat menghambat penyerapan zat besi yang penting untuk pembentukanhemoglobin.Hemoglobin nantinya akan dibawa ke otak oleh oksigen untuk perkembangan otak.
-    Susu segar,seperti susu sapi dan susu kerbau,susu rendah lemak,atau susu semirendah lemak. Lemak diperlukan untuk perkembangan bayi.
-    Tepung terigu,gandum,atau semua makanan yang terbuat dari gandum karena gluten yang sangat sulit dicerna oleh bayi
-    Putih telur,karena mengandung senyawa yang sulit dicerna oleh bayi
-    Makanan jajanan.Jangan pernah memberikan makanan jajanan pada sikecil karena tidak terjamin kualitas,kesehatan dan keamananya.
Jika keluarga anda memiliki riwayat alergi terhadap makanan,asma,eksim,ataupun demam tinggi akibat makanan tertentu,sebaiknya hati hati dalam mengenalkan bahan makanan tersebut. Terutama susu,kuning telur,gandum,kacang tanah,biji bijian,ikan,serta jenis makanan laut,seperti udang,kerang dan kepiting.Jika ada riwayat alergi terhadap kacang kacanngan.terutama kacang tanah,berikan kacang kacangan setelah si kecil berusia 3 tahun.
Selain asi dan susu formula,mp-asi merupakan makanan yang sehat dan aman untuk si kecil.Namun,seperti halnya susu formula,pemilihan jenis bahan makanan untuk mp-asi dan waktu pemberiannya harus hati hati. Label:

0 komentar:

Poskan Komentar