Keluhan Keluhan Ringan Ibu Hamil

    Hampir semua ibu hamil memiliki keluhan, berbagai perubahan yang terjadi di dalam tubuh ibu selama masa kehamilan membuat tubuh berusaha menyesuaikan diri. Proses penyesuaian ini bukannya tanpa harga,semua ibu hamil memiliki keluhan keluhan yang mirip walaupun tidak sama persis. Keluhan keluhan ini bervariasi mulai dari keluhan keluhan yang membutuhkan perhatian khusus.
    Supaya anda lebih siap dalam menghadapinya,baik sebagai calon ibu maupun sebagai calon ayah,maka ada baiknya jika anda mengetahui apa saja keluhan keluhan itu dan mengapa bisa terjadi.
Mual dan muntah,
dalam batas batas yang wajar mual dan muntah bisa dianggap normal. Ini terjadi karena adanya perubahan hormon,yang menyebabkan pengeluaran asam lambung secara berlebihan,terutama dipagi hari,sehingga keluhan ini sering disebut morning sickness. Perbedaan karakteristik fisik masing masing individu membuat tidak semua perempuan hamil mengalaminya. Jika anda termasuk salah satu dari yang mengalaminya,ada cara mengatasinya,yaitu pertama kurangilah porsi makan anda tetapi tambah frekuensinya,misalnya menjadi 5-6 kali. Yang
kedua,apabila bangun di pagi hari,jangan langsung turun dari tempat tidur,tetapi makanlah sedikit makanan kecil terlebih dahulu lalu minim air hangat. Setelah itu istirahat kembali selama 15-30 menit, baru kemudian bangun dari tempat tidur. Ingat! jangan membiarkandiri anda kelaparan hanya karena takut muntah,tetaplah makan walaupun sedikit. Kabar baiknya adalah keluhan mual dan muntah ini tidak akan anda rasakan selama umur kehamilan,tetapi hanya selama tiga bulan pertama kehamilan. Setelah itu kecil sekali kemungkinan keluhan ini berlanjut.
Perubahan warna kulit,
pada sebagian wanita kadang mengalami perubahan warna kulit yang disebabkan oleh perubahan hormon. Kulit menjadi kehitaman pada bagian tertentu,seperti di sekitar pipi,leher,peyudara,atau kadang kala pada dinding perut.
Pembekakan gusi dan sariawan
Gejala ini biasanya muncul pada trimester pertama. Jika ini terjadi pada anda berhati hatilah saat menggosok gigi. Gusi yang bengkak akan mudah berdarah jika terluka,sehingga menimbulkan sariawan.Gunakanlah sikat gigi yang halus untuk menghindari pendarahan.
Pingsan
Perubahan pada tubuh ibu menyebabkan terjadinya gangguan pada sirkulasi darah ke daerah kepala,inilah yang bisa menyebabkan pingsan pada ibu hamil. Biasanya kebiasaan pingsan ini akan hilang pada usia kehamilan 16 minggu. Tetapi jika anda mengalaminya,sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter untuk memastikan penyebabnya.
Sering buang air kecil
ini terjadi karena perkembangan rahim yang semakin membesar yang mendesak kebagian depan perut sehingga kandung kemih cepat terasa penuh.Oleh karena itu,untuk menjaga kesehatan ibu dan janin,jagalah kesehatan alat kelamin agar tetap kering dan tidak lecet
Nyeri pada payudara
Perubahan hormon juga akan menimbulakan deposit lemak,air dan garam pada payudara,yang menyebabkan payudara membesar dan tegang. Akibatnya kadang kadang payudara akan teraa nyeri karena ujung ujung sarafnya tertekan.Rasa nyeri terasa lebih kuat pada kehamilan pertama. Untuk mengurangi rasa nyeri dan ketidaknyamanan ini anda bisa menggunakan BH yng dapat menyanggga payudara.
Nyeri saat buang air kecil
ini juga merupakan keluhan yang sering dialami ibu hamil. Pada saat buang air kecil sering kali terasa nyeri.Penyebabnya adalah karena adanya sisa air seni yang tertinggal setelah buang air kecil. Padahal ibu hamil sering kali buang air kecil,kondisi ini membuat bakteri menjadi mudah memasuki kandung kemih dan terjadilah peradangan.Kondisi ini berbahaya jika dibiarkan.Oleh karena itu jika anda mengalaminya segera konsultasikan kepada dokter agar jika memang terjadi infeksi tidak menyebar kesaluran kemih.
Sakit pinggang
Sakit pinggang pada wanita hamil sering terjadi karena adanya peregangan tulang tulang,terutama di daerah pinggang.Semakin bertambah usia kehamilan semakin besar peregangan yang terjadi.Oleh sebab itu wanita hamil dilarang mengangkat barang dan membungkuk terlalu lama. Posisi yang miring kekiri atau kekanan biasanya akan membantu menguranginya.
Varises
Varises terjadi akibat adanya proses pelebaran pembuluh darah vena karena pengaruh perubahan hormon,akibatnya fungsi aliran darah yang kembali ke jantung menjadi terganggu. Biasnya varise terjadi di bagian daerah kelamin luar,betis,kaki, dan payudara. Varises ada yang bersifat ringan dan juga yang berat. Varises ringan biasanya hanya akan berupa menonjolnya urat urat dibagian ini. Sedangkan varises berat akan mengakibatkan apa yang disebut thrombophlebetis,suatu keadaan dimana varises menjadi semakin parah sampai menimbulkan rasa panas,bengkak,memerah dan terasa nyeri.Jika sudah seperti ini harus segera dilakukan pengobatan. Tidak semua wqanita hamil akan menderita varises,dan kalaupun ada yang mengalaminya biasnya gejala ini akan hialang setelah melahirkan. Jika perlu anda dapat menggunakan stocking khusus varises.Konsumsilah makanan yang berserat tinggi.
Sulit buang air besar
Ini juga disebabkan oleh perubahan hormon. Perubahan tersebut menyebabkan tonus otot menurun,sehingga menghambat gerakan peristaltik usus. Untuk mengatasinya uasahakan banyak minum air putih,dianjurkan sebanyak 1500 cc perhari. Makan buah buahan dan sayuran secukupnya juga akan sangat membantu. Usahakan juga untuk bergerak lebih aktif,sedikit olah raga ringan akan membantu.
Wasir
Wasir atau hemorhoid terjadi akibat adanya perkembangan hormon yang semakin besar pada trimester kedua.Wasir merupakan akibat berikutnya dari masalah kesulitan buang air besar,Ibu hamil terpaksa mengejan saat melakukannya.Selain itu tekanan dari kepala bayi yang semakin besar pada daerah dubur menjadi penyebab lainya.Untuk mengatasinya dianjurkan untuk banyak minum air putih,dan mengkonsumsi makanan berserat tinggi,serta jangan berdiri terlalu lama.
Susah tidur
Sekali lagi ini adalah karena perubahan hormon,disamping juga karena mengalami stres dan gerakan janin yang berlebihan,posisi tidur yang tidak nyaman,dan sering buang air kecil.Akibatnya menganggu kenyamanan tidur ibu.Untuk mengatasinya anda dapat melakukan relaksasi dan senam pernapasan.Jauhi stres dengan selalu berpikiran positif. Label:

0 komentar:

Posting Komentar