Menjaga Kesehatan Saat Hamil

Bagi para ibu hamil harus benar benar memperhatikan kesehatan fisik disaat hamil,setelah mengetahui hasil pemeriksaan dokter berkaitan dengan kesehatan fisik anda bukan berarti selesai. Selanjutnya anda perlu menjaga dan memelihara kesehatan fisik anda,terutama sang istri agar janin yang anda kandung juga selalu sehat.Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan berkaitan dengan menjaga dan memelihara kesehatan semasa hamil :

Olah raga
   Jika anda biasa selalu berolah raga,pada masa hamil anda perlu memperhatikan olah raga yang sesuai dengan kemampuan diri. Sementara bagi yang tidak terbiasa berolah raga,ada baiknya segera memulai olah raga ringan yang sesuai untuk wanita hamil. Lebih baik lagi jika sebelumnya anda konsultasikan dulu kepada dokter.
Olah raga bagi wanita hamil itu penting untuk mempersiapkan diri dalam memperjuangkan kelahiran yang membutuhkan energi luar biasa. Kebanyakan kasus sulit melahirkan juga dipengaruhi oleh kurangnya gerakan yang dilakukan sang ibu pada masa hamil. Otot otot yang terbiasa diam begitu dipaksa berkontraksi pada saat melahirkan akan mengalami kejutan luar biasa sehingga terasa sangat sakit dan menyulitkan sang ibu. Tetapi jika otot otot sudah terlatih berkontraksi,maka pada saat harus menghadapi proses melahirkan menjadi lebih mudah. Itulah sebabnya sering kali pada wanita olah ragawan atau yang berolah raga secara teratur proses melahirkan menjadi lebih mudah.

Menjaga makanan
   Mulailah membuat  daftar menu makanan yang sehat dan terjangkau.Menu makanan sehat ini sangat diperlukan baik bagi sang ibu maupun janin yang dikandungnya. Suami harus berperan aktif melakukan hal ini. Jangan sampai membiarkan istri,khususnyayang mengalami sindrom kehamilan,karena tanggung jawab terhadap kesehatan dan kesempurnaan sang bayi ada ditangan kedua orang tua.

Menjaga kesehatan
   Setelah anda dinyatakan sehat,maka kesehatan tersebut perlu anda jaga dengan tidak membiarkan diri anda terkena atau tertular penyakit tertentu. Jagalah diri anda dari kemungkinan terserang virus atau bakteri.

Menghindari resiko pekerjaan dan lingkungan
   Salah satu cerita yang sering kita dengar tentang wanita modern yang hamil ialah bahwa banyak diantara mereka yang mengalami keguguran. Belum diketahui secara pasti penyebabnya,tetapi diduga ada 2 faktor yang menjadi penyebabnya.
   Yang pertama adalah pekerjaan. Semakin banyak wanita yang bekerja diluar rumah dan semakin jauh lokasi kerja dengan rumahnya. Jenis pekerjaanya pun semakin bervariasi,mulai dari yang khas wanita sampai pekerjaan pekerjaan yang dulunya menjadi wilayah khusus kaum laki laki. Apapun keadaanya masalah pekerjaan ini merupakan suatu hal yang perlu dipertimbangkan secara serius jika anda telah memutuskan untuk hamil.Perlu anda ingat bahwa masa masa awal kehamilan merupakan periode yang rapuh, dimana kondisi tubuh anda harus benar benar diperhatikan.
   Yang kedua adalah faktor lingkungan.Mulai dari yang bersifat ekstrim seperti terjadinya bencana nuklir,meledaknya gudang kimia atau pencemaran serius lainnya,sampai yang bersifat tidak ekstrim seperti pencemaran udara. Bagi wanita hamil pencemaran uadara bisa berbahaya karena zat polutif dari udara yang tercemar dan dapat masuk kedalam darah dan ikut mempengaruhi perkembangan janin. Label:

0 komentar:

Poskan Komentar