Perubahan Tubuh Ibu Pada Trimester Kedua Kehamilan

Seperti pada trimester sebelumnya,perubahan  pada ibu hamil terus berlanjut di trimester kedua.Perubahan terjadi baik pada ibu maupun janinnya,Apapun tersebut proses ini harus dilewati,dan pengetahuan mengenai hal hal yang berkaitan dengan kehamilan pada trimester kedua akan membantu anda melewatinya dengan baik.Beberapa perubahan pada ibu hamil ditrimester kedua diantaranya adalah sebagai berikut :

Berkurangnya rasa mual
   Selama tiga bulan pertama yang telah anda lewati,tubuh anda sudah mulai bisa menyesuaikan diri dengan perubahan perubahan yang terjadi.Perlahan lahan rasa mual dan muntah pun akan hilang.Tetapi hilangnya tidak terjadi secara sekaligus.Hilangnya rasa mual ini dibarengi dengan selera makan yang mulai pulih.Keadaan ini umum terjadi pada rata rata wanita hamil,tetapi bukan berarti semuanya sama seperti ini. Pada beberapa wanita walaupun rasa mual sudah hilang,selera makannya tetap belum kembali,yang bahkan sampai pada bulan ke sembilan.Hal seperti ini bukanlah sesuatu yang tidak normal,namun apabila ini terjadi pada anda,usahakanlah untuk tetap makan makanan yang bergizi,karena bayi ana sangat membutuhkannya.


Berkurangnya rasa nyeri pada payudara
   Pada masa ini rasa nyeri pada payudara sudah mulai hilang.kulit puting susu dan sekitar areola akan terlihat lebih gelap.ini karena tubuh ibu sudah mengalami penyesuaian serta aktifitas hormon yang sudah mulai menurun.


Energi bertambah
   Sebagai akibat berkurangnya rasa mual,dan nafsu makan yang mulai membaik pada trimester kedua ini energi anda akan bertambah. Selain itu perubahan hormonal sudah tidak sehebat pada tahap tahap awal,sehingga rasa lelah karena perubahan hormonal tidak terlalu besar.sebab lainnya adalah anda juga sudah mulai bisa beradaptasi dengan perubahan tubuh anda,sehinggga beban yang tadinya dirasakan menjadi semakin ringan.

Gatal gatal
   Perkembangan janin memperbesar uterus dan sekaligus perut.Akibatnya kulit perut meregang seperti balon yang menipis.Pada saat itulah rasa gatal akan menyerang.Untuk mengurangi rasa tak nyaman seperti ini anda dapat menggunakan krim.

Panas dalam perut (Heartburn)
   Ini merupakan akibat langsung dari membesarnya perut/rahim.Makanan yang sudah dicerna sering kali didorong keatas lagi lewat esophagus sehingga menyebabkan rasa "panas" dibagian atas perut dan dada. Untuk menghindarinya makanlah dalam porsi kecil,tetapi sering.Hindari makanan yang keras,pedas,dan asam.

Peningkatan pertumbuhan rambut
   Perubahan hormon pada trimester kedua mendorong tumbuhnya bulu bulu disekujur tubuh wanita hamil.Selama masih dalam taraf yang wajar,hal ini tidak menjadi masalah.Pada wanita tertentu memang ada yang kemudian pertumbuhannya menjadi berlebihan.Jika demikian maka berkonsultasilah kepada dokter.


Penambahan berat badan 
   Dengan perkembangan yang terjadi didalam tubuh ibu,serta nafsu makan yang cenderung meningkat,maka pada saat ini pertambahan berat badan mulai signifikan.Apalagi mengingat semakin berkurangnya aktifitas fisik.Tetapi ini justru harus terjadi,karena jika tidak berarti janin anda tidak berkembang dengan baik.Hanya saja anda perlu juga memperhatikan agar pertambahan berat badan ini jangna berlebihan.Kenaikan berat badan yang normal pada trimester ke-2 ini berkisar antara 6,7-13,4 kg.

Sakit punggung
   Perubahan tekanan gravitasi ke arah depan (perut) menghasilkan tekanan yang berat di punggung bawah. Pada saat memasuki tahap ini sebaiknya anda tidak menggunakan sepatu yang berhak.Usahakanlah untuk duduk dan berdiri dengan tegak.Akan lebih baik jika anda melakukan olah raga renang,dengan catatan bahwa kondisi kehamilan anda memang memungkinkan menurut keterangan dokter.Sekali kali mengambil posisi lutut dada alias membungkuk dengan tangan dan lutut sebagai penopang,akan mampu membantu mengurangi tekanan bayi pada pinggang anda. Label:

0 komentar:

Posting Komentar