Tahap Perkembangan Janin Pada Trimester Kedua

Perkembangan janin dikatakan memasuki trimester ke-2 menginjak lepas dari minggu ke-12 sampai dengan usia 28 minggu. Pada kehamilan trimester ke-2.perkembangan janin memebentuk beberapa bagian tubuh,seperti kaki dan pergelangan kaki.Secara rinci tahapan perkembangan janin pada trimester ke-2 ini adalah sebagai berikut :

Minggu ke-14
   Pada masa ini perut ibu sudah menjadi lebih besar dan mudah diduga kalau sedang hamil.Ini karena volume rahim yang semakin memebesar seiring dengan perkembangan janin.


Minggu ke-16
   Memasuki minggu ke-16 plasenta sudah terbentuk sempurna.Selain itu mulai terbentuk alat kelamin luar.Hidung dan telinga juga sudah tampak jelas,rambut mulai tumbuh,kulit merah,dan semua bagian tubuh sudah terbentuk lengkap.Kadang kadang terjadi gerakan yang tidak teratur.Pada kehamilan pertama biasanya gerakan semacam ini tidak dapat dirasakan ibu.Berat janin sama dengan berat plasenta, sementara panjangnya berkisar antara 16-18 cm.Pembuluh darah terlihat dengan jelas pada kulit janin yang masih tipis.

Minggu ke - 18
   Perkembangan organ organ tubuh janin terus mengalami penyempurnaan.Gerakan janin semakin aktif.

Minggu ke-20
   Sekarang ini kulit bayi tumbuh makin tebal,dan rambut kapalanya mulai tumbuh.Bola mata dan alis matanya juga sudah mulai tumbuh.Gerakan janin mulai dapat dirasakan oleh ibu.Namun jika anda belum merasakan gerakan janin pada usia kandungan seperti ini,anda tidak perlu khawatir,karena memeang ini tidak selalu terjadi.Panjang janin kini mencapai 25 cm.

Minggu ke-24
   Pada masa ini kepala terlihat basar.Pertumbuhan organ mata lebih terlihat,dimana kelopak mata mulai terpisah,alis dan bulu mata pun mulai tumbuh.Kulitnya berkerut kerut dan lemak bertumbuk dibawahnya.Panjang janin mencapai 30-32 cm.Janin pada tahap ini jika sampai terlahir akan berusaha untuk bernapas,tetapi akan meninggal setelah beberapa jam dilahirkan.

Minggu ke-28
   Pertumbuhan kepala mulai lambat sehingga ukurannya menjadi proposional dengan tubuhnya.Janin mulai dapat menghisap jarinya.Kulitnya masih tipis dan merah serta ditutupi lemak yang disebut verniks.Organ dalam tubuhnya sudah lengkap.Berat janin mencapai 1000 gram,dan panjangnya berkisar antara 35 cm.Pada usia ini janin masih leluasa berputar di dalam rahim ibu.Apabila janin lahir maka akan dapat bertahan hidup dengan perawatan khusus. Label: